Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak

Merawat anak bukanlah hanya memenuhi kebutuhan hidupnya saja. Namun, membentuk kepribadiannya yang akan ditampilkan pada usia dewasa nanti. Akan tetapi masih banyak diantara kita yang tidak menyadari terhadap kesalahan dalam mendidik anak. Memang kesalahan apa? kan kita sayang sama anak, pasti kita memberikan apa yang terbaik untuk anak kita. Marilah kita simak uraian berikut ini agar dalam mengasuh buah hati kita dapat terhidar dari kekeliruan dalam mendidik anak kita.

ANAK BAGAIKAN RAJA YANG TIDAK PERNAH SALAH

Pernahkah anak balita anda jatuh ketika sedang berjalan? jika terjadi apa yang anda lakukan agar anak anda berhenti menangis? Sebagian orang tua ada yang langsung memarahi anaknya dan mengatakan kamu berjalan tidak melihat; gunakan mata jika berjalan bla…. bla…. bla…. Sebagian lagi ada yang memukul jalan yang diinjaknya sambil memarahi jalan tersebut; Sebagian lagi ada yang menyalahkan katak yang mana kataknya entah dimana; sebagian lagi ada orang tua yang berusaha menenangkan buah hatinya seraya menasihati agar jika berjalan harus hati-hati agar terhidar dari kecelakaan.

Manusia tidak terhindar dari kesalahan, karena manusia bukanlah malaikat yang terhindar dari kesalahan dan juga bukan Syaitan yang sengaja melakukan kesalahan, tapi kepada manusia diturunkan insfirasi hal yang benar dan hal yang salah “Maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketaqwaannya (QS. AS-SYAM : 8)

Jadi manusia diberi kesempatan untuk memilih jalan yang akan ditempuhnya apakah akan memilih jalan kejahatan atau jalan yang menuju ketaqwaan. Maka dengan demikian sejak dini anak harus mengetahui hal yang baik dan hal yang benar. dan semua itu adalah kewajiban kita sebagai orang tua untuk mendidik anak untuk mengetahui hal yang baik dan hal yang buruk.

Sedikit mengulas peristiwa di atas.  Jadi jika mengalami peristiwa tersebut  sebaiknya apa yang harus kita lakukan? kita tidak boleh menyalahkan orang lain atau benda apa saja, karena sebuah benda memang seperti itu adanya, senuah batu yang menghalangi kaki anak sehingga tersandung kakinya itu bukan merupakan kesalahan batu, itu adalah kesalahan anak yang tidak hati-hati saat berjalan. Demikian sedikit uraian tentang beberapa kesalahan dalam mendidik anak semoga tulisan ini bermanfaat (Bersambung)

*Photo diambil dari beberapa kegiatan santri Pondok Pesantren Alfassalam

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan