MAKNA KEMERDEKAAN

MAKNA KEMERDEKAAN

Pada tanggal 17 Agustus 1945 rakyat Indonesia menyatakan kemerdekaannya, maka sejak itu Rakyat Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan negara asing. 77 tahun sudah dilalui bangsa kitadalam menikmati kemerdekaan ini. Seperti kita ketahui kini kita dapat menentukan nasib diri kita sendiri tanpa khawatir tekanan dari pihak penjajah. Ketika masih terjajah, rakyat indonesia berada dalam tekanan, bahkan masuk dalam kategori warga ke 3. Menurut saya karena kita memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahun maka sewajarnya kita sadar akan makna-makna Kemerdekaan, bukan hanya memperingatinya saja. Maka dengan ini saya memaknai kemerdekaan yang diperingati pada tanggal 17 Agustus 2022 di halaman sekolah MA Alfassalam sebagai berikut :

1. Dalam sejarah diceritakan bahwa banyak generasi muda yang membantu dalam melawan penjajahan. Mereka rela mengorbankan nyawanya dalam mengusir penjajah. Mengingat pengorbanan para pahlawan ini sangat wajib kita sebagai generasi muda untuk menghargai jasa-jasa mereka dengan meneladani semangat perjuangan dan pengorbanan para pejuang tersebut.

2. Kita menydari bahwa pkemerdekaan diraih bukan oleh satu suku atau golongan tertentu. Hal ini bisa kita lihat dalam peristiwa sumpah pemuda, peristiwa ini melibatkan banyak suku dari nusantara ini. Kemudian kita lihat dari banyaknya partai yang terlibat dalam parlemen setelah kemerdekaan, tentunya partai-partai tersebut bemuara dari gerakan kemerdekaan. Dengan demikian melalui semangat kemerdekaan kita jaga dan pelihara persatuan bangsa ini yang diwariskan dari perjuangan seluruh rakyat Indonesia.

3. Kita sebagai rakyat Indonesia berasal dari rahim yang sama yaitu Indonesia yang mempunyai latar belakang dan nasib yang sama, dapat dikatakan rakyat indonesia mempunya masa silam yang kelam yaitu penjajahan. Hal ini dirasakan oleh seluruh rakyat indonesia pada waktu itu kecuali para penghianat bangsa yang menjual dirinya untuk kepentingan pribadi. Dengan demikian kita harus saling menghargai dan menghormati baik antar individu, golongan atau agama. Jika rakyat Indonesia saling menghargai karena memiliki rasa senasib dan sepenanggungan maka tidak akan terjadi saling serang antar kelompok masa atau kekerasan lainnya

Mengingat hal di atas dalam memaknai kemerdekaan Republik Indonesia dengandiadakannya peringatan setiap tanggal 17 Agustus yang dilaksanakan setiap tahun maka seharusnya watak dan kepribadian bangsa Indonesia bertambah lebih baik karena dengan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia makna kemerdekaan tertanan dalam hati sanubari bangsa Indonesia.

Sumarna/Mapel Prakarya

Tinggalkan Balasan