TEKS EKPOSISI MATERI & PENGUMPULAN TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TAHUN 2022-2023

TEKS EKPOSISI MATERI & PENGUMPULAN TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TAHUN 2022-2023

Ananda tentu tidak asing lagi dengan surat kabar atau majalah. Di media massa ini, kamu mudah mendapatkan teks eksposisi. Kalau ingin mengenal lebih dekat dengan teks tersebut, sesungguhnya dalam percakapan sehari-hari pun dengan mudah kamu mendapatkannya. Teks eksposisi bisa Ananda temui di  koran,  majalah,  dan  artikel  di  internet.

Teks eksposisi  bertujuan untuk memberitahukan pembaca atau pendengar  tentang suatu informasi dengan sejelas-jelasnya. Teks eksposisi berisi informasi-informasi yang akan menambah pengetahuan Ananda.        teks eksposisi adalah teks yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan sejelas-jelasnya. Teks eksposisi sering dilengkapi pendapat para ahli, contoh, dan fakta. Teks eksposisi terbagi atas dua fungsi yaitu fungsi bagi penulis dan fungsi bagi pembaca.

Unsur-Unsur Teks Eksposisi

Teks eksposisi  dibentuk oleh dua unsur utama , yaitu gagasan dan fakta.

Gagasan disebut juga ide atau pendapat. Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, 

penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.

fakta adalah (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan. Sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi

Ciri-ciri Kalimat Fakta

1)        Bersifat obyektif (apa adanya dan tidak dibuat-buat)

2)        Dapat dibuktikan kebenarannya

3)        Dilengkapi dengan data berupa keterangan atau angka yang menggambarkan keadaan

4)    Menunjukkan peristiwa yang telah terjadi

5)        Informasi dari kejadian yang sebenarnya

Contoh: Kebersihan lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut.

Pola-pola Pengembangan Teks Eksposisi

A.    a. Pola umum-khusus

Ide pokok pada bagian teksnya ditempatkan pada awal paragraf yang kemudian di ikuti oleh ide-ide penjelas.

B.     b. Pola khusus-umum

Hal-hal yang bersifat khusus diikuti oleh uraian yang bersifat umum.bagian terakhir dalam teks ini berfungsi sebagi simpulan atau rangkuman dari pendapat-pendapat yang dikemukakan sebelumnya.

C.    Pola ilustrasi

Sebuah gagasan yang terlalu umum memerlukan ilustrasi-ilustrasi konkret.

D.    Pola perbandingan

Untuk meyakinkan suatu pendapat, kamu dapat melakukan suatu perbandingan. Benda-benda, keadaan, atau yang lain ditentukan perbedaan ataupun kesamaannya berdasarkan aspek

2.    Jenis-jenis paragraf berdasarkan letak gagasan umumnya

 a.       Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan umumnya terletak diawal paragraf. Gagasan umum atau gagasan utamanya dinyatakan dalam kalimat pertama.

Contoh:Kemacetan telah menjadi hal yang biasa di jakarta. Kemacetan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, jumlah kendaraan yang ada tidak seimbang  dengan luasnya jalan. Kedua, kurangnya rasa disiplin untuk semua pengguna jalan raya. Ketiga, munculnya tempat-tempat yang mengganggu lalu lintas seperti pasar, rel kereta api, halte yang tidak difungsikan, banjir, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Terakhir, tidak tegasnya aparat yang berwenang dalam menindak para pelanggar lalu lintas.

b.      Paragraf Jadi, jangan malas untuk minum air putih. Kita harus memperhatikan kesehatan diri sendiri, karena kekurangan air putih dalam tubuh akan menimbulkan penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika kita memenuhi asupan air putih untuk tubuh, yakinlah kita akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

induktif

Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak diakhir paragraf atau pada kalimat penutup paragraf.

Contoh:

Ketika ujian telah selesai, nilai anak-anak diperiksa. Ternyata terdapat berbagai nilai siswa, sebanyak 19 siswa nilainya melampaui standar kelulusan, 10 siswa yang memperoleh nilai tepat pada standar kelulusan, dan tidak ada seorang siswapun yang memperoleh nilai dibawah standar. Sehingga, bisa dikatakan kegiatan belajar dikelas ini berhasil.

c.       Paragraf campuran

Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan umumnya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Kalimat terakhir paragraf ini merupakan penegasan dari pernyataan yang dikemukakan dalam kalimat pertama.

Contoh:

Pendidikan yang paling utama untuk anak adalah pendidikan karakter. Dengan pendidikan karakter yang baik, anak memiliki pondasi mental dan karakter yang kuat. Orangtua dan guru bisa bekerjasama untuk membentuk karakter anak. Ketika berhasil, maka ilmu dan nasihat akan lebih mudah ditransfer ke anak. Jadi,  pendidikan karakter harus diutamakan dalam pendidikan

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

a.   Tesis

Tesis yakni berupa pengenalan isu , masalah, ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik yang akan dibahasnya.

b.  Rangkaian Argumen

Berupa sejumlah pendapat atau argumen penulis sebagai penjelasan atas tesis yang dikemukakan sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumen penulis.

c.   Penegasan Ulang Pendapat

Sebagai perumusan kembali secara ringkas. Bagian ini sering pula disebut penutup atau simpulan.

Berikut Contoh Struktur Teks Eksposisi

Enam Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

1.       Tesis

Air merupakan komponen terbesar yang  dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun, banyak orang yang malas minum air putih. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal diruangan atau tempat yang dingin dengan alasan mereka tidak haus. Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Amerika Serikat, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari atau setara dengan 1,5-2 liter per hari. Karena itu, kekurangan asupan air putih berdampak bagi kesehatan tubuh. Dibawah ini adalah enam akibat jika kurang minum air putih.

1.       Argumentasi

Pertama, kekurangan air putih akan membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif. Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

Kedua, kekurangan air putih akan menurunkan konsentrasi, otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, apabila otak tidak mendapat asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

Ketiga, kekurangan air putih akan menyebabkan halusinasi bahkan kematian. Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperti haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing pekat, ataupun gejala berat seperti halusinasi bahkan kematian.

Keempat, kekurangan air putih akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan diatas tulang kemaluan, dan bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih leh pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Kelima, kekurangan air putih akan membuat kulit menjadi kusam, karena aliran darah kapiler dikulit tidak maksimal.

Keenam, kekurangan air putih akan mengganggu fungsi ginjal, oleh karena itu minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Hal ini disebabkan karena air membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya akan keluar bersama urine saat buang air kecil.

1.       Penegasan Ulang

Jadi, jangan malas untuk minum air putih. Kita harus memperhatikan kesehatan diri sendiri, karena kekurangan air putih dalam tubuh akan menimbulkan penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika kita memenuhi asupan air putih untuk tubuh, yakinlah kita akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

1.   Aspek Kebahasaan Teks Eksposisi

 a.       Menggunakan kata-kata teknis (peristilahan) yang berkenaan dengan topik yang di bahas. Dengan topik kehutanan yang menjadi fokus pembahasan-pembahasannya. Istilah-istilah yang muncul dalam teks tersebut adalah penebangan liar, hutan lindung, hutan alam, hutan rawa gambut, dan sektor kehutanan.

b.      Menggunakan kata-kata yang menunjukkan argumentasi (kausalitas). Misalnya, jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu. Selain    itu, dapat  juga digunakan kata-kata yang menggunakan hubungan kronologis (keterangan waktu) ataupun kata-kata yang menyatakan perbandingan/pertentangan, seperti sebelum itu, kemudian, pada akhirnya, sebaliknya, berbeda halnya, namun.

c.       Menggunakan kata-kata kerja mental (mental verba), seperti yang diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi, dan menyimpulkan.

d.      Menggunakan kata-kata perujukan, seperti berdasarkan data…., merujuk pada pendapat..

e.       Menggunakan kata-kata persuasif, seperti hendaklah, sebaiknya, diharapkan, perlu, harus. Selain itu, teks eksposisi lebih sering menggunakan kata-kata denotatif, yakni kata yang bermakna sebenarnya. Kata itu belum mengalami perubahan ataupun penambahan makna.

Nah, untuk lebih memahami teks eksposisi, cermatilah contoh teks eksposisi berikut ini!

Enam Akibat Jika Kurang Minum Air Putih

Air merupakan komponen terbesar yang  dibutuhkan dalam tubuh manusia. Namun, banyak orang yang malas minum air putih. Hal ini sering terjadi pada orang yang tinggal diruangan atau tempat yang dingin dengan alasan mereka tidak haus. Menurut Prof. Hiromi Shinya MD, pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Amerika Serikat, meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih 6 sampai 8 gelas per hari atau setara dengan 1,5-2 liter per hari. Karena itu, kekurangan asupan air putih berdampak bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah enam akibat jika kurang minum air putih.

Pertama, kekurangan air putih akan membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif. Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

Kedua, kekurangan air putih akan menurunkan konsentrasi, otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, apabila otak tidak mendapat asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

Ketiga, kekurangan air putih akan menyebabkan halusinasi bahkan kematian. Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperti haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing pekat, ataupun gejala berat seperti halusinasi bahkan kematian.

Keempat, kekurangan air putih akan menyebabkan infeksi kandung kemih. Rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan diatas tulang kemaluan, bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Kelima, kekurangan air putih akan membuat kulit menjadi kusam, karena aliran darah kapiler dikulit tidak maksimal.

Keenam, kekurangan air putih akan mengganggu fungsi ginjal, oleh karena itu minumlah air putih yang cukup setiap harinya. Hal ini disebabkan karena air membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya akan keluar bersama urine saat buang air kecil.

Jadi, jangan malas untuk minum air putih. Kita harus memperhatikan kesehatan diri sendiri, karena kekurangan air putih dalam tubuh akan menimbulkan penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika kita memenuhi asupan air putih untuk tubuh, yakinlah kita akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Hijau              : Kata teknis / Istilah 
Ungu               : Kata Persuasif 
Biru Muda     : Kata Kausalitas (konjungsi) 

Biru Tua         : Kata kerja Mental (mental verbal) 

Kuning           : Kata Rujukan

Langkah-langkah penyajian teks 

Langkah-langkah penyajiannya sebagai berikut:

a)    a. Menentukan isu ataupun masalah yang akan dibahas.

b)   b.  Membaca berbagai sumber yang berkaitan dengan isu yang dipilih, melakukan sejumlah pengamatan lapangan.

c)  c.   Mencari topik-topik yang berkaitan dengan masalah untuk memperkaya referensi.

d)   d.  Menyusun kerangka karangan, struktur teks eksposisi. Topik-topik itu disusun secara sistematis dengan pola berikut.

e)  e.  Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi teks eksposisi. Dalam tahap ini kamu harus menjadikan topik-topik itu menjadi argumen-argumen jelas dan logis. Disamping itu, kaidah-kaidah kebahasaan peerlu diperhatikan.

This Post Has 27 Comments

  1. irgi mauladani

    Cara
    Bulutangkis
    Apa
    F1
    NBA
    Bola Beli
    Cara
    Bulutangkis
    Apa
    F1
    NBA
    Bola Beli
    Cara
    Bulutangkis
    Apa
    F1
    NBA
    Bola Beli
    HomeRagam
    3 Contoh Teks Eksposisi Singkat dari Berbagai Tema yang Bisa Dicermati
    Alfi YudaAlfi Yuda
    23 Agu 2022, 19:40 WIB
    19
    Ilustrasi membaca teks eksposisi
    Ilustrasi membaca teks eksposisi. (Foto oleh Dina Nasyrova: https://www.pexels.com/id-id/foto/mug-keramik-putih-di-atas-tekstil-putih-3808243/)
    Bola.com, Jakarta – Di bangku sekolah, satu di antara materi yang dipelajari dalam pelajaran Bahasa Indonesia adalah mengenai teks eksposisi.

    Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu teks eksposisi. Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat.

    BACA JUGA
    Lirik Lagu Putri Iklan – Keljo, Azhardi & Devin Adamn
    Lirik Lagu You’re Mine – Rizky Febian dan Mahalini
    40 Kata-Kata Bijak Keren untuk Melewati Hari Buruk, Penuh Pesan Semangat
    Secara umum, teks eksposisi digunakan untuk menyampaikan pendapat atau gagasan secara terperinci.

    Teks eksposisi sifatnya ilmiah atau nonfiksi. Dengan kata lain, teks eksposisi hanya memuat informasi ilmiah dan sudah terbukti kebenarannya.

    Dalam teks eksposisi bisa membahas isu tentang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

    Untuk memahami lebih dalam tentang teks eksposisi, kamu bisa membaca contoh-contohnya.

    Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi singkat berbagai tema, yang bisa dicermati, dikutip dari laman Pendidikan dan Kudupinter, Selasa (23/8/2022).

    2 dari 4 halaman
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
    – Tesis

    Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu di antara faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

    – Argumentasi

    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Satu di antara manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid makin akrab.

    – Penegasan Ulang

    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat dab terawat secara terus-menerus.

  2. M.Albiru R.A

    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

    Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

  3. Moch Alfajar

    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

    Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

  4. Rialita Putri Lestari

    Nama:Rialita Putri Lestari
    Kelas:VIII

    Judul
    Pengelolaan Kekayaan Budaya

    Tesis
    Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita seharusnya menjaga dan melestarikan budaya negara kita. Tujuannya agar kebudayaan kita tidak punah.

    Argumentasi
    Budaya lokal punya peranan penting dalam memperkokoh ketahanan bangsa. Pemerintah daerah dituntut untuk bergerak lebih aktif melakukan pengelolaan kekayaan budaya karena budaya tumbuh di ranah masyarakat pendukungnya.

    Di samping itu, pemerintah pusat, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat sendiri juga harus berperan dalam pengelolaan kekayaan budaya. Pengelolaan budaya dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

    1. Melindungi, yaitu merawatnya agar tidak punah dan rusak.
    2. Mengembangkan, yaitu meneliti dan membuat laporan kajian.
    3. Memanfaatkan, yaitu melakukan kegiatan festival dan penyebaran informasi.
    4. Mendokumentasikan, yaitu membuat tulisan yang dilengkapi dengan foto dan dokumen audiovisual.

    Penegasan ulang
    Pengelolaan kekayaan budaya sebetulnya merupakan cara kita memahami, melindungi, dan melestarikan budaya agar tidak punah dan dapat memperkokoh ketahanan bangsa.

  5. Ayla Herdiana Putri

    Contoh Teks Eksposisi 1 Lingkungan Sekolah
    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

    Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

  6. Maya Mulyani

    Judul
    Peran dan Manfaat WTO

    Tesis
    Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah perdagangan bebas yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin bebas karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerja sama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan di Indonesia.

    Penegasan ulang
    World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan sebagai hasil perundingan yang sudah ditandatangani negara-negara anggota. Dengan menjadi anggota WTO, pertumbuhan perekonomian Indonesia akan meningkat dan terlindung dari praktik-praktik persaingan yang tidak sehat antarnegara.

    Sebagai dampak globalisasi, perdagangan bebas dipandang sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi. Untuk menciptakan persaingan sehat, WTO mengatur perdagangan antarnegara.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

  7. Moch Alfajar

    Judul
    Pohon Tumbang Penyebab Macet

    Tesis
    Derasnya hujan disertai angin kencang membuat banyak pohon tumbang. Pohon tumbang itu kerap kali menghalangi jalan raya sehingga menimbulkan kemacetan.

    Argumentasi
    Pada Rabu, 12 Maret, hujan deras dan angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon di depan sekolah Al Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur bus Transjakarta yang menuju Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun, bus Transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.

    Penegasan ulang
    Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum kunjung tiba setelah waktu yang cukup lama. Pohon tumbang itu menghalangi jalan raya sehingga jalanan ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut jalur dan menyebabkan kemacetan.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

  8. Husnia Nurpati

    Nama : Husnia Nurpati
    Kelas:VIII

    Judul
    Peran dan Manfaat WTO

    Tesis
    Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah perdagangan bebas yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin bebas karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerja sama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan di Indonesia.

    Penegasan ulang
    World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan sebagai hasil perundingan yang sudah ditandatangani negara-negara anggota. Dengan menjadi anggota WTO, pertumbuhan perekonomian Indonesia akan meningkat dan terlindung dari praktik-praktik persaingan yang tidak sehat antarnegara.

    Sebagai dampak globalisasi, perdagangan bebas dipandang sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi. Untuk menciptakan persaingan sehat, WTO mengatur perdagangan antarnegara.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

  9. Irgi Mauladani

    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
    – Tesis
    Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu di antara faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.
    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.
    – Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.
    Di hari Jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Satu di antara manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid makin akrab.
    – Penegasan Ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetap sehat dab terawat secara terus-menerus.

  10. Sarah Ayu Ningsih

    (Tesis) Metode belajar mengajar satu arah baiknya mulai ditinggalkan. Siswa dapat menerima suatu pembelajaran bila ada komunikasi dua arah.

    (Argumentasi) Bila guru menjelaskan dan menerangkan pelajaran tanpa mengajak siswa berinteraksi, kelas akan terasa kering. Materi pelajaran yang dibahas dengan melibatkan siswa secara aktif, dinilai lebih efektif. Siswa akan merasa lebih dihargai dan belajar untuk menyampaikan pendapat.

    (Reinterasi) Guru dapat mengajak siswa berdiskusi. Metode belajar satu arah sudah kuno dan tidak efektif lagi. Siswa semakin berkembang, begitu juga metode belajar.

  11. M.Raihan Agnan.y

    Nasib Hutan Kita Semakin Suram

    Tesis:

    Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan Sumatra akan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan.

    Rangkaian Argumen:

    Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk. Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan.

    Keterpurukan sektor kehutanan bersumber dari sistem pengelolaan yang didominasi oleh pemerintah pusat dan mengesampingkan keberadaan masyarakat lokal. Adanya konflik-konflik seperti konflik antarmasyarakat lokal, masyarakat lokal dengan perusahaan, atau antara masyarakat lokal dengan pemerintah, semakin memperburuk kondisi kehutanan di Indonesia.

    Selain itu, lemahnya penegakan hukum menyebabkan semakin parahnya kerusakan hutan. Kerusakan hutan telah mencapai kurang lebih dua juta hektar per tahun. Hal ini berarti setiap menitnya Indonesia kehilangan hutan seluas tiga hektar atau sama dengan enam kali luas lapangan bola.

    Namun, kenyataan di lapangan justru sebaliknya. Beberapa hal justru mempercepat laju kerusakan hutan di Indonesia hampir dua kali lipat. Penyebabnya, antara lain, adanya tekanan masyarakat akibat krisis ekonomi. Kondisi demikian mengakibatkan merajalelanya penebangan liar.

    Sebelum itu, kondisi hutan Indonesia benar-benar sudah memprihatinkan. Dalam kurun waktu lima puluh tahun, hutan alam Indonesia mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah, di Sulawesi, telah memusnahkan keanekaragaman hayati. Berjuta-juta spesies flora dan fauna musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan menambah masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino juga memperburuk kondisi hutan.

    Selama bulan Januari sampai Oktober, 45% dari keseluruhan titik kebakaran terkonsentrasi di Provinsi Riau. Kemudian, pada bulan Oktober terjadi kenaikan jumlah titik kebakaran yang cukup signifikan di Provinsi Riau, Sumatra Barat, dan Jambi.

    Di Pulau Sumatra berdasarkan titik kebakaran terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang 13%, hutan dataran rendah 10%, permukiman atau pertanian masyarakat 10%, perkebunan 8%, dan sisanya rawa (non gambut). Kebakaran hutan memberikan kerugian tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya sebesar $3 sampai $4,4 miliar atau sekira Rp2 sampai 4 triliun.

  12. Alhanud Tiara putri

    Contoh Teks Eksposisi 5 Lalu Lintas
    Judul
    Menumbuhkan Kesadaran Lalu Lintas

    Tesis dan Argumen
    Usaha meningkatkan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian. Polisi lalu lintas memang punya tugas pokok mengendalikan lalu lintas untuk mencegah dan meniadakan gangguan maupun ancaman di jalan. Harapannya, dapat tercipta keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

    Namun, peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak seimbang dengan penyediaan fasilitator yang mendukungnya sebagai perwujudan pelayanan pemerintah pada masyarakat. Ketidakseimbangan tersebut akan menimbulkan masalah, baik berupa kemacetan, pelanggaran lalu lintas, bahkan kecelakaan lalu lintas yang kita jumpai sehari-hari.

    Penegasan ulang
    Faktor manusia punya andil besar sebagai penyebab kondisi tersebut. Peningkatan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian sehingga tidak selalu terjadi korban jiwa akibat kelalaian pengguna jalan.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

    Baca artikel detikedu, “5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya”

  13. Nisa Almaghfira

    Judul
    Menumbuhkan Kesadaran Lalu Lintas

    Tesis dan Argumen
    Usaha meningkatkan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian. Polisi lalu lintas memang punya tugas pokok mengendalikan lalu lintas untuk mencegah dan meniadakan gangguan maupun ancaman di jalan. Harapannya, dapat tercipta keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan umum.

    Namun, peningkatan pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak seimbang dengan penyediaan fasilitator yang mendukungnya sebagai perwujudan pelayanan pemerintah pada masyarakat. Ketidakseimbangan tersebut akan menimbulkan masalah, baik berupa kemacetan, pelanggaran lalu lintas, bahkan kecelakaan lalu lintas yang kita jumpai sehari-hari.

    Penegasan ulang
    Faktor manusia punya andil besar sebagai penyebab kondisi tersebut. Peningkatan kesadaran lalu lintas merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pihak kepolisian sehingga tidak selalu terjadi korban jiwa akibat kelalaian pengguna jalan.

  14. M.Nail.S

    Judul
    Peran dan Manfaat WTO

    Tesis
    Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah perdagangan bebas yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin bebas karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerja sama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan di Indonesia.

    Penegasan ulang
    World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan sebagai hasil perundingan yang sudah ditandatangani negara-negara anggota. Dengan menjadi anggota WTO, pertumbuhan perekonomian Indonesia akan meningkat dan terlindung dari praktik-praktik persaingan yang tidak sehat antarnegara.

    Sebagai dampak globalisasi, perdagangan bebas dipandang sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi. Untuk menciptakan persaingan sehat, WTO mengatur perdagangan antarnegara.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

    Baca artikel detikedu, “5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya” selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6217869/5-contoh-teks-eksposisi-beserta-strukturnya.

  15. JENITA

    Contoh Teks Eksposisi 1 Lingkungan Sekolah
    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

    Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

  16. Annisa Khairunnisa

    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

    Sumber: Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi 4.0 oleh Ida Widaningsih

  17. Raiva Aljen Mutari

    Contoh Teks Eksposisi 3 Pelestarian Budaya
    Judul
    Pengelolaan Kekayaan Budaya

    Tesis
    Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita seharusnya menjaga dan melestarikan budaya negara kita. Tujuannya agar kebudayaan kita tidak punah.

    Argumentasi
    Budaya lokal punya peranan penting dalam memperkokoh ketahanan bangsa. Pemerintah daerah dituntut untuk bergerak lebih aktif melakukan pengelolaan kekayaan budaya karena budaya tumbuh di ranah masyarakat pendukungnya.

    Di samping itu, pemerintah pusat, lembaga swadaya masyarakat, dan masyarakat sendiri juga harus berperan dalam pengelolaan kekayaan budaya. Pengelolaan budaya dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

    1. Melindungi, yaitu merawatnya agar tidak punah dan rusak.
    2. Mengembangkan, yaitu meneliti dan membuat laporan kajian.
    3. Memanfaatkan, yaitu melakukan kegiatan festival dan penyebaran informasi.
    4. Mendokumentasikan, yaitu membuat tulisan yang dilengkapi dengan foto dan dokumen audiovisual.

    Penegasan ulang
    Pengelolaan kekayaan budaya sebetulnya merupakan cara kita memahami, melindungi, dan melestarikan budaya agar tidak punah dan dapat memperkokoh ketahanan bangsa.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

  18. Khumaira Nawallia

    Nama:Khumaira Nawallia
    Kelas:VIII

    Komodo Terancam Punah

    (Tesis)

    Komodo, salah satu satwa endemik Indonesia yang tinggal di Kepulauan Nusa Tenggara, kini dikabarkan terancam punah.

    (Argumen)

    Berdasarkan data Balai Taman Nasional Komodo, populasi komodo pada tahun 2020 mencapai 3.163 ekor. Populasi tersebut tersebar di beberapa pulau, dengan populasi terbesar menempati Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

    Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN), sebuah lembaga internasional yang bergerak di bidang konservasi, mengelompokkan komodo sebagai hewan yang terancam punah dikarenakan masalah pemanasan global.

    Menurut peneliti, populasi komodo dapat terus berkurang seiring dengan berkurangnya habitat mereka dikarenakan kenaikan suhu Bumi.

    Selain itu, komodo yang hidup berdampingan dengan manusia memiliki mangsa yang terbatas. Alasannya, baik komodo maupun manusia mengonsumsi makanan yang sama.

    Walau begitu, populasi komodo dapat terus dijaga dengan pelestarian habitat dan penjagaan yang ketat.

    (Penegasan Ulang)

    Seiring dengan adanya masalah pemanasan global, komodo terus menghadapi ancaman kepunahan. Namun, pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat mencegah kepunahan komodo dengan konservasi yang ketat.

    Pembahasan:

    Berdasarkan judul dan paragraf tesis, dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi di atas membahas berita tentang komodo yang terancam punah.

    Alasan komodo terancam punah dapat ditemukan pada paragraf bagian argumen. Terdapat berbagai data dan fakta dari lembaga internasional dan peneliti mengenai situasi komodo.

    Pada bagian akhir teks, ada penegasan ulang mengenai kondisi komodo yang terancam karena masalah pemanasan global. Selain itu, terdapat kesimpulan bahwa kepunahan tersebut dapat dicegah dengan konservasi yang ketat.

  19. M.Rafly

    Judul
    Pohon Tumbang Penyebab Macet

    Tesis
    Derasnya hujan disertai angin kencang membuat banyak pohon tumbang. Pohon tumbang itu kerap kali menghalangi jalan raya sehingga menimbulkan kemacetan.

    Argumentasi
    Pada Rabu, 12 Maret, hujan deras dan angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon di depan sekolah Al Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur bus Transjakarta yang menuju Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun, bus Transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.

    Penegasan ulang
    Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum kunjung tiba setelah waktu yang cukup lama. Pohon tumbang itu menghalangi jalan raya sehingga jalanan ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut jalur dan menyebabkan kemacetan

  20. Zara Adara Salsabila

    Judul
    Pohon Tumbang Penyebab Macet

    Tesis
    Derasnya hujan disertai angin kencang membuat banyak pohon tumbang. Pohon tumbang itu kerap kali menghalangi jalan raya sehingga menimbulkan kemacetan.

    Argumentasi
    Pada Rabu, 12 Maret, hujan deras dan angin kencang telah menumbangkan sebuah pohon di depan sekolah Al Azhar. Pohon besar tersebut tepatnya telah menutup jalur bus Transjakarta yang menuju Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Untungnya, tidak ada korban jiwa atas kejadian ini. Namun, bus Transjakarta dari arah CSW menuju Bundaran Senayan terpaksa melewati jalanan umum.

    Penegasan ulang
    Ironisnya, dinas pertamanan yang bertanggung jawab atas pohon tumbang tersebut belum kunjung tiba setelah waktu yang cukup lama. Pohon tumbang itu menghalangi jalan raya sehingga jalanan ramai oleh kendaraan-kendaraan yang saling berebut jalur dan menyebabkan kemacetan.

    Sumber: Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas C oleh Tim Ganesha Operation

  21. Ramzi Agustian

    Naik Kendaraan Umum atau Kendaraan Pribadi

    Tesis

    Kota besar seperti Jakarta identic dengan kemacetan. Setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jalanan Jakarta selalu dipenuhi kendaraan. Tidak mengherankan karena sebagai pusat bisnis. Banyak perusahaan yang berkantor disini. Hal ini mengakibatkan arus manusia banyak menuju Jakarta.

    Sebagai pusat bisnis setiap hari mobilitas pekerja sangat tinggi. Sebagian dari mereka memilih naik kendaraan umum. Pekerja lainnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Jika kita melihat kondisi saat ini. Lebih banyak orang menggunakan kendaraan pribadi. Mengapa demikian? Karena kemacetan yang ada tidak pernah reda.

    Pekerja yang menggunakan kendaraan umum. Merasa nyaman dan lebih efisen. Sementara pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi merasa angkutan umum belum layak dan belum nyaman.

    Argumentasi

    Pengguna angkutan umum kebanyakan merasa sudah jenuh. Mereka lelah harus bermacet-macetan. Lebih baik menggunakan transportasi umum. Transportasi umum yang sering digunakan adalah KRL. Saat ini sudah ditambahkan MRT untuk wilayah Jakarta. Mereka sangat menikmati perjalanan. Walaupun terkadang harus berdesak-desakan. Secara tarif menggunakan angkutan umum lebih hemat.

    Apalagi untuk para pekerja back office. Mereka hanya memerlukan transportasi dari rumah ke kantor. Waktu perjalanan juga bisa diukur ketika menggunakan angkutan umum. KRL contohnya, anda bisa sampai ke kantor sekitar 1-1,5 jam.

    Pengguna kendaraan pribadi merasakan hal sebaliknya. Mereka merasa sangat nyaman naik mobil atau motor. Biaya perjalanan yang lebih mahal jika naik mobil. Rasanya tidak mereka hiraukan. Apalagi harus berjam-jam dalam kemacetan. Kenyamanan dan keamanan mereka rasakan lebih didapat. Ketika mengendarai kendaraan pribadi.

    Ada juga sebagian yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan keperluan pekerjaan. Mereka harus berkeliling. Karena secara pekerjaan memang dituntut mobile.

    Reorientasi

    Tentu pilihan pribadi masing-masing. Ketika menentukan akan naik kendaraan umum atau pribadi. Keduanya memang bersebrangan namun kita tidak bisa meratakan. Keperluan seseorang berbeda dari yang lainnya.

  22. liwal hamdi

    Naik Kendaraan Umum atau Kendaraan Pribadi

    Tesis

    Kota besar seperti Jakarta identic dengan kemacetan. Setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jalanan Jakarta selalu dipenuhi kendaraan. Tidak mengherankan karena sebagai pusat bisnis. Banyak perusahaan yang berkantor disini. Hal ini mengakibatkan arus manusia banyak menuju Jakarta.

    Sebagai pusat bisnis setiap hari mobilitas pekerja sangat tinggi. Sebagian dari mereka memilih naik kendaraan umum. Pekerja lainnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Jika kita melihat kondisi saat ini. Lebih banyak orang menggunakan kendaraan pribadi. Mengapa demikian? Karena kemacetan yang ada tidak pernah reda.

    Pekerja yang menggunakan kendaraan umum. Merasa nyaman dan lebih efisen. Sementara pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi merasa angkutan umum belum layak dan belum nyaman.

    Argumentasi

    Pengguna angkutan umum kebanyakan merasa sudah jenuh. Mereka lelah harus bermacet-macetan. Lebih baik menggunakan transportasi umum. Transportasi umum yang sering digunakan adalah KRL. Saat ini sudah ditambahkan MRT untuk wilayah Jakarta. Mereka sangat menikmati perjalanan. Walaupun terkadang harus berdesak-desakan. Secara tarif menggunakan angkutan umum lebih hemat.

    Apalagi untuk para pekerja back office. Mereka hanya memerlukan transportasi dari rumah ke kantor. Waktu perjalanan juga bisa diukur ketika menggunakan angkutan umum. KRL contohnya, anda bisa sampai ke kantor sekitar 1-1,5 jam.

    Pengguna kendaraan pribadi merasakan hal sebaliknya. Mereka merasa sangat nyaman naik mobil atau motor. Biaya perjalanan yang lebih mahal jika naik mobil. Rasanya tidak mereka hiraukan. Apalagi harus berjam-jam dalam kemacetan. Kenyamanan dan keamanan mereka rasakan lebih didapat. Ketika mengendarai kendaraan pribadi.

    Ada juga sebagian yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan keperluan pekerjaan. Mereka harus berkeliling. Karena secara pekerjaan memang dituntut mobile.

    Reorientasi

    Tentu pilihan pribadi masing-masing. Ketika menentukan akan naik kendaraan umum atau pribadi. Keduanya memang bersebrangan namun kita tidak bisa meratakan. Keperluan seseorang berbeda dari yang lainnya.

  23. M.RASTAN AL-SADID

    Judul
    Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Tesis
    Kebersihan sekolah adalah salah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswi agar menjaga kebersihan.

    Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

    Argumentasi
    Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan. Untuk itu, petugas piket biasanya akan bertugas menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

    Di hari Jumat, semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan sesama murid, sesama guru, dan antara murid dan guru semakin akrab.

    Penegasan ulang
    Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Karena itu, kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

  24. Wildan Rukmana

    Naik Kendaraan Umum atau Kendaraan Pribadi

    Tesis

    Kota besar seperti Jakarta identic dengan kemacetan. Setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jalanan Jakarta selalu dipenuhi kendaraan. Tidak mengherankan karena sebagai pusat bisnis. Banyak perusahaan yang berkantor disini. Hal ini mengakibatkan arus manusia banyak menuju Jakarta.

    Sebagai pusat bisnis setiap hari mobilitas pekerja sangat tinggi. Sebagian dari mereka memilih naik kendaraan umum. Pekerja lainnya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Jika kita melihat kondisi saat ini. Lebih banyak orang menggunakan kendaraan pribadi. Mengapa demikian? Karena kemacetan yang ada tidak pernah reda.

    Pekerja yang menggunakan kendaraan umum. Merasa nyaman dan lebih efisen. Sementara pekerja yang menggunakan kendaraan pribadi merasa angkutan umum belum layak dan belum nyaman.

    Argumentasi

    Pengguna angkutan umum kebanyakan merasa sudah jenuh. Mereka lelah harus bermacet-macetan. Lebih baik menggunakan transportasi umum. Transportasi umum yang sering digunakan adalah KRL. Saat ini sudah ditambahkan MRT untuk wilayah Jakarta. Mereka sangat menikmati perjalanan. Walaupun terkadang harus berdesak-desakan. Secara tarif menggunakan angkutan umum lebih hemat.

    Apalagi untuk para pekerja back office. Mereka hanya memerlukan transportasi dari rumah ke kantor. Waktu perjalanan juga bisa diukur ketika menggunakan angkutan umum. KRL contohnya, anda bisa sampai ke kantor sekitar 1-1,5 jam.

    Pengguna kendaraan pribadi merasakan hal sebaliknya. Mereka merasa sangat nyaman naik mobil atau motor. Biaya perjalanan yang lebih mahal jika naik mobil. Rasanya tidak mereka hiraukan. Apalagi harus berjam-jam dalam kemacetan. Kenyamanan dan keamanan mereka rasakan lebih didapat. Ketika mengendarai kendaraan pribadi.

    Ada juga sebagian yang menggunakan kendaraan pribadi. Dengan keperluan pekerjaan. Mereka harus berkeliling. Karena secara pekerjaan memang dituntut mobile.

    Reorientasi

    Tentu pilihan pribadi masing-masing. Ketika menentukan akan naik kendaraan umum atau pribadi. Keduanya memang bersebrangan namun kita tidak bisa meratakan. Keperluan seseorang berbeda dari yang lainnya.

  25. Husna siam septiani

    Contoh Teks Eksposisi 4 Globalisasi
    Judul
    Peran dan Manfaat WTO

    Tesis
    Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah perdagangan bebas yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin bebas karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerja sama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan di Indonesia.

    Penegasan ulang
    World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antarnegara. Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan sebagai hasil perundingan yang sudah ditandatangani negara-negara anggota. Dengan menjadi anggota WTO, pertumbuhan perekonomian Indonesia akan meningkat dan terlindung dari praktik-praktik persaingan yang tidak sehat antarnegara.

    Sebagai dampak globalisasi, perdagangan bebas dipandang sebagai upaya meningkatkan daya saing ekonomi. Untuk menciptakan persaingan sehat, WTO mengatur perdagangan antarnegara.

    Baca artikel detikedu, “5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya”

  26. REYHAN ABDUL ROHMAN

    Musim hujan puncaknya akan terjadi di bulan Februari 2016. Namun ternyata saat ini beberapa wilayah di Jakarta mulai tergenang banjir ketika hujan deras melanda. Karena hal ini, warga harus selalu bersiap menghadapi kemungkinan genangan dan banjir yang akan terjadi, khususnya warga yang tinggal di bantaran sungai. Menurut data dari Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, ada 134 RW yang harus diwaspadai akan terkena banjir.

    Wilayah tersebut tersebar di 34 Kelurahan di Jakarta dengan paling banyak tersebar di Jakarta Timur dan Selatan, seperti Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Kampung melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Rajawati, Kelurahan Srengseng Sawah, dan Kelurahan Bukit Duri. Telah tercatat wilayah ini terendam air setinggi 10 – 50 cm ketika hujan deras pada Minggu 14 Februari 2016.

    Artikel Terkait: Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif Serta Pengertiannya
    Kemudian, kondisi ini direspon oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Kota (Muspikot) Jakarta Timur. Sebagai langkah antisipasi datangnya puncak musim hujan tahun ini, dilaksanakan apel siaga banjir Jakarta di halaman parkir PGJ Jatinegara. Muspikot juga mengerahkan paling sedikit 347 personel untuk menghadapi banjir yang berasal dari jajaran Polresta jakarta Timur, Kodim 0505, Satpol PP Jakarta Timur dan BPDB DKI Jakarta yang juga hadir dalam acara apel tersebut. Sejumlah perlengkapan siaga banjir juga ditampilkan dalam apel tersebut. Terdapat 2 perahu karet, 2 kano, 2 kayak dan beberapa perahu rakitan yang terbuat dari jerigen dan peralatan pendukung lainnya.

  27. M IHSAN ABDUL ROZAK

    (Tesis) Metode belajar mengajar satu arah baiknya mulai ditinggalkan. Siswa dapat menerima suatu pembelajaran bila ada komunikasi dua arah.

    (Argumentasi) Bila guru menjelaskan dan menerangkan pelajaran tanpa mengajak siswa berinteraksi, kelas akan terasa kering. Materi pelajaran yang dibahas dengan melibatkan siswa secara aktif, dinilai lebih efektif. Siswa akan merasa lebih dihargai dan belajar untuk menyampaikan pendapat.

    (Reinterasi) Guru dapat mengajak siswa berdiskusi. Metode belajar satu arah sudah kuno dan tidak efektif lagi. Siswa semakin berkembang, begitu juga metode belajar.

Tinggalkan Balasan